Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Zero Waste Saat Mendaki Gunung Tips Kurangi Wadah Plastik

Zero Waste Saat Mendaki Gunung Tips Kurangi Wadah Plastik

Gaya hidup Zero Waste atau meminimalisir adanya sampah plastik sudah seharusnya menjadi sebuah sikap dasar para pendaki gunung.

Mendaki gunung memang salah satu kegiatan pecinta alam yang paling indah dan mengesankan, karena itu sebaiknya dan seharusnya hindari penggunaan sampah plastik berlebihan.

Selain jangan sampai membuang sampah sembarangan, untuk semua pendaki sudah harus menyadari untuk membawa peralatan yang dapat digunakan berulang kali.

Pola packing dengan peralatan yang bisa dipakai berkali kali kita sebagai pendaki tidak perlu membawa sampah di dalam ransel dan tidak ada barang sekali pakai yang langsung berakhir di tempat sampah.

Siska Nirmala mengutarakan bahwa pendaki yang menerapkan gaya hidup zero waste mengharuskan mereka membawa barang yang dapat digunakan berulang kali atau reusable dalam bukunya Zero Waste Adventure.

Dilansir dari Tempo Siska mengutarakan "Mendaki dengan zero waste memang kelihatan banyak wadah, tapi semua yang dibawa akan tetap ada sampai pulang. Kalau misalnya saat mendaki membawa peralatan kemasan sekali pakai dan dibuang dalam perjalanan akan menambah sampah".

Pada dasarnya membawa banyak wadah tidak akan memberatkan sebuah pendakian, melainkan kita dituntut untuk mengerti dan memahami metode paking dengan benar.

Mendata serta membawa beberapa barang lebih banyak akan lebih terencana dan lebih punya persiapan sangat matang.

Jelas metode pendakian seperti ini akan membutuhkan rencana lebih detail serta butuh adaptasi yang lebih baik, namun jika sudah terbiasa maka pendakian kamu akan lebih nyaman dan sedikit khawatir akan perlengkapan.

Perancanaan yang matang meliputi memperhitungkan kebutuhan selama mendaki dengan lebih detail beserta perencanaan cadangan yang paling cepat bisa dilakukan.

Pasalnya jika ada yang keliru dalam kalkulasi akan mengakibatkan barang yang dibawa jadi tidak terpakai sehingga menjadi beban tambahan selama perjalanan pendakian.

Perencanaan pembawaan barang harus harus bisa menyesuaikan kebutuhan kita pribadi dan bagian dari team selama pendakian.

Tentu lain gunung gunung yang akan didaki lain juga kebutuhan persiapannya, jadi di titik ini pengalaman untuk mempersiapkan barang sangat dibutuhkan agar tidak membawa barang-barang yang tidak diperlukan.

Salah satu perlengkapan yang kadang dianggap memberatkan pendaki yaitu peralatan kebersihan tubuh disamping peralatan konsumsi atau bekal.

Biasanya di basecamp sebelum atau sesudah mendaki kadang akan mandi dan bersih-bersih disamping itu kadang ada beragam produk perawatan tubuh juga kerap keberatan dibawa.

Maka semakin baik dan ringkas peralatan kebersihan yang kita bawa maka akan semakin ringan bawaan kita. Benda benda kebersihan yang harus kamu bawa paling tidak yaitu handuk kecil, sabun, sampo, sikat gigi yang simpel dan pasta gigi.

Ada baiknya jika pendakian zero waste diedukasikan ke mereka yang baru awal awal mendaki sehingga kesadaran mendaki gunung tanpa meninggalkan sampah plastik bisa tumbuh dan berkembang ke semua para pendaki.