Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjadi Wisatawan Ramah Lingkungan Terbaik

Cara Menjadi Wisatawan Ramah Lingkungan Terbaik

TRAVELING QUOTES - Kamu pastinya sudah pernah mendengar istilah ecotravel atau ecotourism yang ramah lingkungan, karena istilah tersebut memiliki makna luas berupa sebuah kegiatan wisata yang bertanggung jawab terhadap alam.

Ketika melakukan wisata kamu tidak hanya menikmati destinasi wisatanya saja tetapi juga harus selalu menjaga kelestarian alam dan memberikan respon positif pada warga lokal pada semua aspek perjalanan mulai kesehatan dan menjaga adab.

Pariwisata dan traveling sekarang sangat dituntut untuk menjaga kelestarian lingkungan termasuk menjaga protokol kesehatan pariwisata, kebersihan dan keselamatan. Semua pengunjung tempat wisata diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan tersebut agar terhindar dari berbagai resiko penularan virus. 

Info Travelling :
Karena itu ada beberapa cara mudah untuk kamu lakukan agar menjadi seorang wisatawan atau travelleng yang peduli dan ramah lingkungan.

Jangan Buang Sampah Sembarangan

Pertama tentu saja jangan buang sampah sembarangan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan bebas dari sampah, karena pada dasarnya menjaga kebersihan bukan hanya menjadi tanggung jawab pengelola wisata saja tetapi juga menjadi tanggun jawab kita sebagai pengunjung.

Kamu bisa melakukan hal kecil yaitu tidak membuang sampah sembarangan, dan hanya membuang sampah di tempat yang seharusnya seperti tempat sampat di lokasi wisata karena akan berdampak besar bagi kesehatan dan kebersihan lingkungan.

Selalu Cintai Alam

Para pencinta perjalanan harus mencintai alam sebagai sebuah wujud syukur kepada alam akan keindahan, kita harus mencintai alam dengan menjaga kebersihannya agar dapat dinikmati pada masa mendatang.

Berwisata ke alam harus sangat bijak dan berkomitmen untuk bertanggung jawab menjaga kelestariannya seperti tidak merusakan fasilitas objek wisata alam dan menggunakan sesuai fungsinya.

Hindari Barang Sekali Pakai

Kemudian sangat disarankan untuk tidak menggunakan barang sekali pakai meskipun lebih praktis dan sederhana, karena dibalik mudahnya, bahan dari plastik bisa berdampak lebih besar pada kerusakan alam.

Tentu seperti yang kita tau plastik sekali pakai menjadi penyebab utama pencemaran lingkungan, maka dari itu lebih baik kamu membawa barang pribadi yang tidak menggunakan bahan dari plastik misalnya tas belanja sendiri atau alat makan milik sendiri dan bisa digunakan berulang kali.

Menghemat Konsumsi Listrik

Tindakan berikutnya yang bisa dilakukan yaitu menghemat listrik menjadi untuk mengurangi emisi global dan menjaga aset alam ketika menginap atau berada dimanapu, Gunakan saja listrik sebutuhnya saja dan matikan semua alat listrik ketika keluar dari sana.

Gunakan Fitur E-Ticket

Tiket yang banyak menggunakan kertas berimbas ke penggunaan kayu yang semakin meledak, maka kurangi penggunaan kertas untuk tiket dan lebih baik maksimalkan penggunaan fitur e-ticket sehingga tidak mencetak bentuk fisik mulai dari tiket penerbangan pesawat sampai tiket masuk destinasi wisata.

Membawa Barang Secukupnya

Membawa banyak barang juga akan bermbas ke banyaknya beban yang diberikan kepada emisi karbon pesawat, bukan masalah soal uang tetapi lebih ke persoalan menjaga kemudahan serta sampah yang dihasilkan. Karena itu bawalah barang secukupnya, jia ada barang yang harus dibeli lebih baik beli ke penduduk lokal ditempat wisata sehingga bisa membantu ekonomi mereka.

Membantu Ekonomi Penduduk Lokal

Perlu dipahamu jika konsep eco-travel tidak melulu tentang kegiatan wisata yang bertanggung jawab tetapi juga harus memberikan dampak yang positif bagi masyarakat lokal misalnya menghormati adat, budaya mereka serta kita mampu untuk membantu ekonomi disana dengan membeli karya atau produk lokal seperti oleh-oleh atau kerajinan asli buatan tangan penduduk.