Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Aneka Menu Masakan Indonesia yang Disukai Wisatawan Mancanegara

10 Aneka Menu Masakan Indonesia yang Disukai Wisatawan Mancanegara

Info Traveling - Sebagai salah satu negara dengan jumlah kunjungan turis asing yang besar ternyata ada sampai dengan 10 Aneka Menu Masakan Indonesia yang sangat Disukai Wisatawan Mancanegara.

Indonesia yang berada dia Asia Tenggara pada dasarnya merupakan salah satu destinasi wisata favorit dunia karena kondisi geografis serta kebudayaan dan aneka makanannya.

Hampir sebagian besar masakan, ragam budaya, serta keindahan alam yang luar biasa bisa memikat wisatawan mancanegara untuk datang berkunjung .

Salah satu alasan yang menjadi daya tarik Indonesia juga menikmati dimata dunia yaitu beberapa aneka menu kuliner yang sangat digemari wisatawan mancanegara karena rasanya khas dan kuat dari kandungan rempahnya.

Berikut ini ada 10 Aneka Menu Masakan Indonesia yang Disukai Wisatawan Mancanegara yang info traveling rangkum dari berbagai sumber.

Nasi Goreng Khas Indonesia


Nasi Goreng Khas Indonesia
Nasi Goreng foto:netralnews


Menu masakan nasi goreng dari Indonesia sangat dikenal dunia karena rasanya yang diperkuat dengan rempah asli serta ragam varian yang sangat banyak di negara kita.

Meskipun sepertinya cuma terlihat nasi yang digoreng, masakan ini justru menjadi salah satu makanan favorit di kalangan penduduk lokal dan turis serta pernah disebut-sebut sebagai hidangan nasional teratas dari Indonesia.

Nasi Goreng bisa didapati dan dinikmati mulai dari gerobak makanan pinggir jalanan sampai pada restoran kelas atas dengan begitu banyak varian pengolahannya.

Bahan utama nasi goreng Indonesia cukup sederhana mulai dari berbagai bumbu yang dicampur dengan nasi dan telur dadar atau potongan daging, tapi pada bumbunya di setiap daerah mempunyai "ramuan" yang unik dan berbeda dari tempat lain.

Selain di Indonesia nasi goreng juga populer di Asia Tenggara dan negara sekitar, tetapi khusus di Indonesia rasa serta aromanya tidak akan pernah didapatkan di tempat atau negara lain.

Aneka Sate

Aneka Sate

Hidangan nasional dari Indonesia yang menarik perhatian wisatawan asing atau mancanegara yaitu aneka resep sate atau daging yang ditusuk kemudian dibakar.

Sate daging yang di bakar ini terbilang sangat amat populer di mata dunia sehingga saat ini tidak hanya ada di Indonesia tetapi juga tersebar jauh dan luas di seluruh Asia Tenggara.

Sate yang ada di Indoensia sangat mudah dibeli pada penjual gerobak pinggir jalan, warung yang khusus menjual sate, tempat makan jalanan, serta pada restoran kelas atas.

Sate sangat sederhana hanya seperti daging panggang yang ditusuk bisa dari daging sapi, kambing, ikan atau berbagai jenis daging lainnya yang diberi campuran kecap khusus dan rempah-rempah, tapi untuk mengolah dagingnya sehingga bisa dinikmati setiap orang punya resepnya sendiri sendiri.

Daging yang sudah diolah dan ditusuk tersebut kemudian dipanggang di atas api arang, kemudian setelah matang bisa dibumbui dengan saus kacang atau bumbu kecap dengan cabai dan biasanya disajikan dengan sepiring nasi atau lontong.

Rendang Daging

Rendang Daging

Pada dasarnya menu rendang adalah sebuah hidangan daging yang berasal dari daerah Sumatera Barat dengan karakter pengolahan yang cukup lama atau dimasak dengan lambat sebelum bisa disajikan dan dinikmati.

Pertama kali dikenalkan rendang aslinya menggunakan daging sapi,tapi karena sudah menyebar ke berbagai penjuru nusantara dan lidah berbeda beda maka bahan dan metode pengolahan rendang sekarang menjadi sangat beragam.

Pengolahan rendang mulai dari direbus dengan santan dan bumbu hingga cairannya mengering sehingga daging berubah menjadi empuk dan kecoklatan barulah bisa dihidangkan. Hampir mirip dengan masakan kari hanya saja karau rendang itu kering dan kalau kari itu berkuah.

Rendang sudah masuk menjadi salah satu resep olahan makanan lokal paling terkenal di Indonesia karena rasanya yang kuat serta bisa dinikmati semua orang.

Gado-gado


Gado-gado
gado-gado foto : masakapahariini.com

Gado-gado sering disebut sebagai 'salad sayur Indonesia' oleh para turis manca negara, masakan ini berisi sayur sayuran denga cara memasak yang biasanya direbus atau dikukus seperti tauge, kacang panjang, kentang, bayam, bersama dengan tahu dan tempe goreng.

Setelah semua ditata pada piring akan disiram dengan saus kacang pedas yang kental, kadang juga sering disajikan dengan ketupat atau lontong serta beberapa telur rebus sebagai pelengkap bisa ditambahkan kerupuk.

Bakso Kuah

Bakso Kuah

Bakso kuah atau yang turis sering bilang sup bakso adalah sebuah hidangan yang berbahan dasar daging sapi giling yang sekarang termasuk menjadi salah satu makanan khas jalanan paling favorit di negara Indonesia.

Bakso pada umumnya terbuat dari daging sapi giling halus dan tepung tapioka yang membuatnya berair dan empuk kemudian dicetak bulat bulat dan direbus.

Penyajian bakso yang sering ditemui biasanya ditaruh pada mangkuk dan diberi bihun, beberapa sayuran kemudian disiram dengan kuah bakso yang gurih lembuh.

Banyak sekali variasi bakso yang ada di Indonesia tetapi pada dasarnya terdiri dari komposisi bakso daging, mie dan kaldu atau kuah. Kadang juga ada penjual bakso yang menyajikannya tanpa mie untuk mendapatkan rasa segar dan gurih yang kuat.

Gudeg ( Masakan Khas )

Gudeg ( Masakan Khas )

Olahan Gudeg adalah sebuah menu masakan tradisional Jawa yang terbuat dari nangka muda mentah yang direbus berjam-jam dalam santan, gula aren, serta bumbu lainnya yang bisa memperkuat rasa secara alami.

Bumbu tambahan yang ada pada masakan gudeg bisa berupa bawang putih, biji ketumbar, bawang merah, daun salam, dan daun jati untuk memberi warna kemerahan pada hidangan serta mungkin bumbu yang diwariskan turun menurun.

Pada dasarnya menu Gudeg adalah ilahan makanan yang populer di Yogyakarta dan Solo yang hampir selalu disajikan dengan telur, opor ayam atau ayam goreng.

Terdapat dua jenis gudeg yang ada di Indonesia yaitu gudeg kering dan gudeg basah, keduanya menggunakan bahan yang sama tetapi untuk gudeg kering lebih sedikit menggunakan santandan dimasak lebih lama.

Nasi Uduk

Nasi Uduk

Menu olahan Nasi uduk adalah salah satu hidangan berbahan dasar nasi di Indonesia yang juga disukai oleh wisatawan asing dan turis mancanegara.

Pengertian Nasi Uduk secara harfiah yaitu 'nasi campur' yang diucapkan dalam dialek Betawi dimana Nasi Uduk dimasak dengan santan bersama dengan daun pandan, serai, cengkih, dan kayu manis sehingga rasanya unik daripada nasi pada umumnya.

Nasi Uduk yang diolah oleh orang berpengalamana akan menghasilkan nasi yang lebih lembut, lebih gurih, dan aromatik yang dipadukan dengan tempe atau ikan teri sehingga akan sulit diduplikasi oleh negara negara lain.

Kejayaan nasi uduk sudah sangat tua sekali dan masik eksis sampai sekarang dan kini menjadi makanan sarapan populer yang sering dijual dengan lauk seperti telur, bihun goreng, atau kentang serta biasanya bungkus dalam daun pisang berbentuk kerucut.

Mie Aceh

Mie Aceh

Sekarang olahan berbahan dasar mie yang berasal asli khas dari masakan lokal Indoneisa yaitu Mie aceh yang berupa olahan mie kuah pedas dari Aceh.

Mie Aceh diolah menggunakan mie kuning berkuah kental disajikan dengan irisan daging sapi, domba, seafood, serta sayuran seperti tauge, bawang putih, kol, dan tomat dan dimasak dengan api besar.

Mie Aceh memiliki campuran bumbu pedas yang merupakan campuran dari bahan cabai, bawang merah, jintan, kapulaga, dan jintan, sehingga memunculkan cita rasa kari yang kaya serta akan terasa khas untuk lidah orang luar negeri.

Kerak Telor

Kerak Telor

Olahan khas Kerak telor adalah berupa omelet pedas yang dimiliki oleh orang-orang Betawi dan termasuk jajanan khas Jakarta yang hanya bisa ditemukan di spot-spot ikonik tertentu atau di acara-acara besar tahunan seperti Jakarta Fair.

Kerak Telor biasanya dimasak oleh pedagang dalam wajan kecil di atas bara arang. Bahan dasarnya berupa ketan yang dimasak dengan telur dan kemudian ditambahkan dengan topping seperti serundeng atau kelapa parut goreng, bawang merah, udang kering dan merica.

Bisa juga menyajikan kerak TElor dengan potongan potongan tertentu kemudian dicampur dengan telur bebek atau ayam, dan disajikan panas di atas kertas sehingga akan muncul sensasi pedas gurih dan legit.

Pempek

Pempek

Menu Pempek dikenal juga sebagai mpek-mpek atau empek-empek yaitu kue ikan tradisional khas Indonesia yang dibuat dari daging ikan giling dan tapioka serta berasal dari daerah Palembang.

Tekstur Pempek secara umum terasa kenyal nikmat dan disajikan dalam berbagai variasi bahan dan bentuk tergantung daerah mana yang mengolahnya.

Pempek biasanya selalu dikukus terlebih dahulu kemudian digoreng dan dipotong kecil-kecil sambil disajikan dengan saus asam manis yang disebut kuah cuka atau kuah cuko atau saus cuka.

Olahan Pempek ini paling enak dimakan dengan irisan ketimun, mi kuning, dan nasi untuk mengimbangi rasa asam kuahnya serta sedikit sambal pedas untuk menguatkan rasanya.

Penutup

Itulah 10 Aneka Menu Masakan Indonesia yang Disukai Wisatawan Mancanegara dimana masakan masakan tersebut adalah citarasa khas yang dimiliki Nusantara. Semua menu olahan nusantara yang disukai oleh wisatawan asing karena memiliki citarasa kuat rempah serta nikmat khas yang tidak ada di tempat lain.