Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alternatif Bepergian Tanpa Naik Pesawat di Eropa

Alternatif Bepergian Tanpa Naik Pesawat di Eropa

Info Traveling - Kini di Eropa mulai menghidupkan kembali alternatif bepergian tanpa naik pesawat yaitu denga menggunakan layanan kereta.

Maka dari itu beberapa rute-rute lama kereta kereta malam dan layanan lintas batas negara yang ada di Eropa mulai dibuka kembali.

Mulai dari Prancis yang sudah start untuk revitalisasi operasional kereta malam dan rencananya nanti kereta-kereta dari Paris ke Nice dan Tarbes kembali beroperasi di tahun 2022.

Kemudian dilanjutkan oleh Swedia yang melangkah untuk berinvestasi untuk pembangunan kereta malam yang ditargetkan beroperasi di 2022 dengan rute dari Stockholm ke Hamburg dan Malmo ke Brussels.

Sebenarnya layanan transportasi kereta malam sudah ada di masa pandemi tetapi hanya dimanfaatkan untuk perpindahan wilayah saja. 

Baca juga : Rekomendasi 12 Negara yang Boleh Berkunjung ke Uni Eropa

Karena Pandemi maka beberapa rute rjalanan internasional antar negara di Eropa mengalami perubahan jadwal misalnya kereta malam dengan rute Paris-Milan-Verona-VeniceThello sampai saat ini.

Sementara ini rute kereta malam internasional ke Austria dan Republik Ceko masih menjadi pertimbangan di Prancis.

Di sisi lain Prancis juga memiliki empat operasional kereta Intercité de nuit dimana sebagian besar rutenya adalah wilayah-wilayah yang belum dicover jaringan high-speed TGV yang rutenya adalah dari Paris ke Briançon, Latour-de-Carol, Rodez dan Toulouse.

FYI, sebagai informasi untuk kamu yang ingin mencoba, kereta malam Prancis masih belum memiliki opsi deluxe sleeper, dan hanya di Italia saja yang memilik banyak rute kereta malam yang menghubungkan wilayah dari utara ke selatan tetapi belum ada rute antar-negara lain.

Pilihan Rute Kereta Malam di Eropa


Pilihan Rute Kereta Malam di Eropa

Di Inggris Raya sendiri terdapat dua rute utama kereta malam yaitu dengan rute dari barat London ke Cornwall serta rute dari utara London ke berbagai titik di Skotlandia.

Sedangkan untuk wilayah Spanyol dan Portugal saat ini masih terhubung menggunakan Trenhotel Spanish Renfe dengan rute andalannya yaitu Lisbon-Madrid.

Hampir sebagian besar layanan kereta sleeper di Eropa memiliki minimal dua tipe kompartemen yang bisa mengubah mode dari siang ke malam dengan tempat tidur lipat dan tarif kereta sleeper paling mahal terdapat sampai enam tempat tidur lipat dengan space yang luas.

Sebagai informasi tambahan ada beberapa kereta yang tidak bisa memisahkan tempat tidur yang ada berdasarkan jenis kelamin karena itu opsi tarif termahal dengan minimal empat tempat tidur lipat paling direkomendasikan dengan tambahan fasilitas wastafel yang bisa memberikan jarak antara satu dengan lainnya.

Dan juga ada pilihan layanan deluxe dengan jumlah tempat tidur mulai satu set sampai tiga set yang sudah memiliki fasilitas kamar mandi dan toilet pribadi serta juga free handuk dan beberapa fasilitas tambahan lainnya.

Karena itu jika kamu berniat untuk traveling ke Eropa, tidak ada salahnya mencoba naik kereta malam ini untuk melintasi berbagai wilayah negara dengan pemandangan alam yang menakjubkan.