Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Agar Aman Ketika Menginap di Hotel Pada Masa Pandemi

Tips Agar Aman Ketika Menginap di Hotel Pada Masa Pandemi

Info Traveling - Tentunya kita tau masa pandemi Covid-19 belum berakhir, tapi disisi lain perekonomian dari sektor wisata harus segera berjalan dan sudah mulai banyak hotel hotel dan penginapan yang mulai buka.

Jika kamu sudah pengen banget pergi wisata atau traveling kemudian menginap di suatu tempat, berikut ini info traveling ada beberapa tips agar aman ketika menginap di hotel pada masa pandemi seperti sekarang.

Dengan dibukanya penginapan, hotel serta tempat wisata tentunya para wisatawan yang datang diimbau untuk mematuhi protokol kesehatan sehingga semua kondisi diperkirakan aman dan nyaman.

Misalnya kamu ingin berpergian dan berencana menginap di hotel, losmen, villa, gueshouse atau homestay pastinya ada beberapa hal yang wajib diperhatikan agar tetap aman walaupun dimasa pandemi.

Secara teknis ada beberapa hal penting dari protokol kesehatan umum untuk dilakukan misalnya memakai masker, selalu rajin mencuci tangan serta menjaga jarak fisik ketika menginap di hotel atau jenis layanan penginapan lainnya.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan dan pastikan adalah berada dalam kondisi prima kemudian keadaan sehat walafiat dan sudah melakukan rapid test atau swab PCR test untuk memastikan bebas Covid-19, kalau positif ya tetap dirumahaja.

Berikut ini ada beberapa Tips Agar Aman Ketika Menginap di Hotel Pada Masa Pandemi misalnya kamu ingin traveling ke tempat yang cukup jauh.

Tips Aman Menginap di Hotel Pada Masa Pandemi


1. Selektif Dalam Memilih Tujuan Wisata

Kalau kamu sudah kebelet ingin berwisata atau traveling, pilihlah tempat wisata dimana berada dalam zona hijau, begitu pula dalam memilih hotel harus berada dalam zona hijau juga.

Dengan memilih penginapan atau hotel di zona hijau memang tidak menjamin kamu bebas dari Covid-19 tapi paling tidak kemungkinan terinfaksi sangat amat kecil dan hampir tidak mungkin, pasalnya hotel dan penginapan pasti didatangi oleh orang dari banyak daerah.

2. Pilih Hotel atau Penginapan dengan Bijak

Jika sudah menentukan tempat tujuan wisata yang berada dizona hijau kini kamu harus memilih hotel atau penginapan yang secara kemungkinan presentase amannya sangat tinggi.

Pilihlah hotel di zona hijau serta pilih hotel atau penginapan yang menerapkan protokol kesehatan secara detail, hindari hotel yang menyepelekan protokoler kesehatan tersebut.

Manajemen hotel yang mendukung pelaksanaan protokol kesehatan dengan ketat dan segala layanan yang meminimalisir sentuhan pastinya menjadi pilihan yang tepat untuk menginap.

3. Cari Info Bagaimana Hotel Menangani Tamu Sakit

Pertimbangan berikutnya yang harus kamu perhatikan dengan seksama adalah dengan mencari tahu bagaimana manajemen hotel menangani keadaan jika misalnya ada tamu yang tiba tiba sakit.

Variabel yang bisa kamu gunakan yaitu apakah dari pengelola hotel melakukan kerja sama dengan layanan kesehatan serta tindakan yang mereka lakukan pada kamar tempat menginap tamu yang sakit tersebut.

Jangan ragu untuk menanyakan detail perihal diatas, jika memang dirasa oke dan sesuai anjuran pemerintah maka kamu bisa memilih untuk menginap disana.

4. Selalu Gunakan Masker dan Menjaga Jarak

Kamu juga sebagai orang yang menginap harus melaksanakan protokol kesehatan secara umum yaitu dengan memakai masker dan selalu menjaga jarak ketika berada di luar kamar.

Disemua tempat fasilitas hotel seperti restoran, lobi, lift atau kolam renang serta semua tempat terbuka dimana dilalui banyak orang maka protokol kesehatan harus diperhatikan dengan serius.

5. Mintalah Kamar yang Kosong Beberapa Hari

Sebisa mungkin kamu harus mencoba untuk meminta kamar yang sudah kosong minimal 3 atau 4 hari ketika melakukan cek in.

Jika bisa hindarilah kamar yang ditinggalkan orang lain dalam hari yang sama karena resiko kemanannya dari virus sangat rentan sekali.

6. Segera Bersihkan Kamar

Sudah pasti pengelola hotel selalu membersihkan fasilitas yang ada di dalam kamar setelah ada orang yang cek out dari kamar tersebut.

Tapi sebagai saran saja harus kamu bersihkan ulang ketika masuk dan gunakan selalu hand sanitizer dan tisu untuk membersihkan bagian bagian kamar yang sering tersentuh orang misalnya saklar, remote televisi, gangang pintu ataupun benda benda di kamar mandi.

7. Selalu Perhatikan Sirkulasi Udara

Sebisa mungkin pilihlah kamar yang menghadap matahari terbit dan selalu membuka jendela kamar, dengan melakukan hal tersebut sirkulasi udara akan bagus dan sinar matahari bisa masuk kedalam kamar.

8. Jangan Pakai Layanan Pembersihan Kamar

Kalau kamu baru masuk kamar hotel di masa pandemi sekarang lebih baik tidak menggunakan layanan pembersihan kamar dan bersihkan kamar sendiri saja dengan begitu bisa mencegah penyebaran Covid-19 dari orang lain.

9. Gunakan Layanan Pesan Makanan keKamar

Ketika menginap di hotel, daripada kamu memutuskan untuk pergi ke restoran dan ada kemungkinan bersinggungan dengan orang lain lebih bai memesan makanan dan diantarkan ke kamar.

10. Jangan Gunakan Fasilitas yang Dipakai Orang Banyak

Karena kita masih berada di masa pandemi seperti sekarang lebih baik hindari lokasi lokasi atau fasilitas hotel yang pernah dan selalu dipakai banyak orang.

Kalaupun memang ingin berolahraga atau relaksasi sebaiknya bersihkan kembali alat alat yang akan digunakan guna meminimalisir penyebaran virus.

Penutup

Mungkin itulah beberapa Tips Agar Aman Ketika Menginap di Hotel Pada Masa Pandemi dari infotraveling, sudah seharusnya kita menyadari bahwa menjaga diri akan lebih baik daripada menyesal di kemudian hari.

Selalu terapkan protokol kesehatan dimanapun kita berada agar bisa menikmati setiap jejak perjalanan traveling.