Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Perbedaan Hotel, Resort, Hostel dan City Hotel

Inilah Perbedaan Hotel, Resort, Hostel dan City Hotel

Info Traveling - Ketika liburan dan ingin memutuskan untuk menginap mungkin kamu pernah merasa bingung Perbedaan Hotel, Resort, Hostel dan City Hotel.

Namanya traveling seharusnya membutuhkan waktu lebih dari satu duah hari karenanya sebelum mengunjungi tempat wisata seharusnya kamu mencari dan memesan tempat penginapan terlebih dahulu.

Secara umum ada banyak macam penginapan mulai dari hotel, hostel, city hotel ataupun resort dan banyak lagi macamnya tentu setiap nama penginapan memiliki fasilitas dan ciri yang berbeda-beda.

Lalu bagaimana dan apa Perbedaan antara Hotel, Resort, Hostel dan City Hotel, berikut admin arunapasman akan mengulas tentang karakteristik masing masing tipe penginapan tersebut.

Perbedaan Hotel, Resort, Hostel dan City Hotel


1. Hotel

Salah satu jenis penginapan yang sering kita dengar dan lihat ketika berwisata yaitu hotel. Hotel sebenarnya adalah sebuah kata dari Perancis Kuno dengan kata dasar yang bermakna sama dengan hospitality.

Jika dideskripsikan maka Hotel adalah sebuah fasilitas penginapan berbayar yang menyediakan tempat atau kamar bermalam atau menginap untuk masa yang pendek misalnya beberapa hari saja.

Sejarah berdirinya hotel pada awalnya ada di abad ke 17 yang pada saat itu memang disediakan untuk para pegawai pemerintahan yang sedang berdinas ke luar kota.

Perkembangan hotel yang paling pesat mulai dari Eropa Barat dan Amerika Utara pada awal abad ke-19 setelah itu terus menyebar ke seluruh dunia.

Dengan berkembang nya waktu sampai sekarang Hotel menjadi komersial dan bisa di gunakan oleh semua orang.

Tentang fasilitas yang disediakan hotel tentu tergantung dari jenis tipe dan kelas yang ada pada hotel tersebut.

Jadi sebagai contoh hotel dengan bintang 2 sampai bintang 5 memiliki banyak fasilitas mulai dari layanan resepsionis selama24 jam, setiap hotel juga pasti ada restoran serta layanan kamar full selama 24 jam.

Tapi mungkin hanya hotel hotel tertentu yang memberikan layanan servis antar dan valet parking, kolam renang, tempat olahraga, dan fasilitas ekstra lainnya.

Pada hotel ada macam macam tipe kamar dan bisa dipesan, pada umumnya tipe tipe kamar tersebut bisa ditempati mulai dari 2 orang sampai 4 orang.

2. Hostel

Setelah konsep hotel menyebar dan berkembang pesat kemudian muncul konsep penginapan lainnya yaitu Hostel.

Konsep penginapan dengan nama hostel diperkenalkan oleh Richard Schirrmann di tahun 1909 pada Altena Castle yang sekarang menjadi daerah wilayah Jerman.

Konsep penginapan hostel lebih simpel dari hotel pada umumnya mirip seperti kamar asrama dengan satu kamar yang didalamnya terdapat beberapa tempat tidur.

Jadi dengan konsep seperti ini pengunjung akan bisa tidur di satu kamar bersama pengunjung lainnya dengan kasur atau tempat tidur masing masing.

Sebuah kamar di Hostel bisa di isi mulai dari 4 sampai 15 orang sesuai ukuran besar kecilnya kamar yang disediakan.

Tempat tidur di hostel pun serupa dengan tempat tidur bertingkat milik asrama atau milik pesantren yang ada di Indonesia, mungkin kamu tau asrama haji, seperti itulah.

Dan yang paling menarik perhatian hampir semua fasilitas yang ada di hostel ini bisa digunakan bersama seperti kamar mandi, dapur, work space, ruang santai, mesin cuci, dan fasilitas sejenis.

Sedangkan untuk sarapan pagi adalah inovasi pada konsep hotel, jadi bisa ada dan bisa tidak tergantung dari kebijakan hostel yang kamu tempati.

Kamu bisa menyewa kamar hostel dengan harga sekitar Rp 150.000 an tapi tentusaja harga perkamar tergantung fasilitas yang ditawarkan.

Konsep penginapan Hostel lebih cocok dan sangat identik dengan wisatawan backpacker rombongan yang memiliki budget terbatas untuk liburan.

3. City Hotel

Selanjutnya ada penginapan dengan nama City Hotel yang masih termasuk sub jenis penginapan berdasarkan lokasi hotel berada.

Konsep penginapan City Hotel adalah sub jenis hotel yang berada di kawasan pusat perkotaan ataupun berlokasi pada kota-kota besar seperti ibu kota atau kota adsministrasi.

Ciri ciri dari City Hotel yaitu ukuran bangunan cukup besar dengan karakter gedung bertingkat yang tidak bisa dihilangkan, serta fasilitas yang ditawarkan oleh City Hotel lebih terfokus dan identik oleh para pebisnis misalnya ada ruang rapat, meja kerja dan kebutuhan bisnis lainnya.

Pada umumnya City Hotel sering dikunjungi dan dipilih oleh para pebisnis traveler atau orang yang berlibur sekaligus bekerja atau berbisnis di suatu daerah kota kota besar.

City Hotel lebih dikenal dengan skema hotel transit dimana tamu yang menginap hanya dalam waktu pendek misalnya satu dua atau tidag hari tidak sampai mingguan.

4. Resort

Ada lagi sebuah konsep penginapan yang harus kamu tau yaitu bernama resort, Resort termasuk salah satu jenis penginapan yang berada dan dibagun daerah alam seperti pinggir pantai atau kaki bukit pegunungan atau di dekat wisata alam dengan pemandangan landscapet.

Secara konsep penginapan resort identik dengan suasana rekreatif bernuansa alam dan kadang terdapat fasilitas di luar ruangan seperti taman bermain sampai kolam renang dan fasilitas sejenisnya.

Para pegawai resort juga biasa mengenakan seragam yang terlihat lebih santai seperti kaos dengan berkerah bawahan celana jeans serta memakai sepatu kets ala ala anak nongkrong.

Kadang juga ada resort resort yang memakai konsep penampilan busana pegawai dengan pakaian adat atau budaya setempat pada waktu waktu tertentu.

Yang jelas posisis resort ini berada di lokasi jauh dari pusat kota dan bangunan resort biasa terlihat jika udah berada di dekat lokasi tempat wisata alam seperti pantai atau daerah kaki pegunungan karena itu resort sangat cocok untuk para traveler dengan ketertarikan suasana asri.

Penutup Perbedaan Hotel dan Resort


Jadi itulah Perbedaan Hotel, Resort, Hostel dan City Hotel yang bisa info traveling untuk dideskripsikan, jadi jangan sampai salah pilih tempat menginap ya, sesuaikan dengan tujuan kamu pergi traveling serta budget yang ada