Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seputar Destinasi Tujuan Wisata Favorit Wisatawan di Masa Pandemi

Seputar Destinasi Tujuan Wisata Favorit Wisatawan di Masa Pandemi

Info Traveling - Pasca pandemi Covid-19 geliat pergerakan wisata mulai terlihat dengan beberapa tujuan traveling paling diminati selepas masa menghabiskan hari hari dirumah saja.Setidaknya ada lima daerah atau kota yang menjadi tujuan wisata paling dominan didatangi wisatawan daripada kota kota lain.

Daerah Tujuan Wisata Paling Favorit

Daerah tujuan wisata (DTW) tersebut tidak lain adalah pulau bail Bali, Jakarta, Sekitar Yogyakarta, Kota Bandung dan Kota Surabaya dimana pulau Bali menempati posisi pertama baru kemudian Jakarta.Secara tidak langsung kondisi seperti ini menunjukkan bahwa lalu lintas wisata di dalam negeri akan mulai bangkit lagi setelah vakum beberapa waktu.

Hal yang paling menarik yaitu tren wisata mulai beralih dari wisata keluar negeri menjadi tren wisata di dalam negeri karena banyaknya syarat prasyarat yang harus di miliki jika berwisata ke luar negeri.

Bahkan dalam data surveinya GoLocal Domestic Travel menyebutkan bahwa sebanyak 76 persen responden siap menjelajah kepulauan Indonesia dalam 12 bulan ke depan dan sangat bersemangat mengunjungi destinasi lokal.

Pergeseran Tren Sarana Perjalanan Wisata

Setelah itu tren waktu yang dibutuhkan juga mengalami perubahan dimana lebih minim menginap serta jarak untuk pergi wisata yang lebih disukai setelah pandemi tidak lebih dari satu malam perjalanan.

Kemudian untuk sarana transportasi wisatawan lokal lebih menyukai menggunakan kendaraan pribadi untuk berwisata barulah disusul transportasi umum seperti kereta, kapal dan bahkan transportasi udara sudah jauh menurun peminatnya daripada ketika masih dalam keadaan normal.

Pulau Bali dan Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi daerah tujuan wisata paling banyak peminatnya tidak lain karena kedua daerah tersebut memang dari dulu terkenal dengan banyaknya situs situs wisata yang indah dan mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi oleh wisatawan lokal.

Dengan menggunakan kendaraan pribadi para wisatawan bisa bebas pergi dan menuju ke suatu tempat sesuka hati ketika masih dalam suasanan pandemi seperti sekarang, dibandingkan transportasi umum yang menuntut banyak persyaratan sperti rapidtest dan lain lain.

Ketertarikan Akan Daerah Tujuan Wisata yang Baru

Peraturan pemerintah yang menghimbau untuk para wisatawan menjaga jarak dan menghindari area berkumpul juga menyebabkan tujuan wisata berubah ke daerah alami seperti pantai, pedesaan dan wisata bernuansa pemandangan alam.

Salah satu alasan para wisatawan mencari destinasi wisata ke daerah pedesaan contonya ingin menikmati suasana yang asri, tenang dan bisa merelaksasi sampai karena ingin menikmati kuliner kuliner khas pedesaan, alasan paling sering ditemukan justru karena ingin menjelajah alam yang masih natural

Dengan semua alasan itulah daerah tujuan wisata lokal seperti Bali dan Yogyakarta mulai tambah banyak diminati daripada berlibur ke kota kota besar, wisatawan yang pergi ke kota kota besar biasanyapun hanya ingin menikmati suasana nongkrong saja atau ketempat wisata yang sudah sangat terkenal seperti Ancol.

Tentang Penginapan

Pada segmen penginapan justru hotel bintang empat dan lima paling dicari wisatawan karena fasilitas yang terjamin kebersihannya serta diterapkannya semua standar protokol kesehatan, setelah itu barulah disusul oleh resort, villah atau guesthouse yang bersifat penginapan keluarga.

Meskipun kondisi pariwisata belum senormal dahulu, paling tidak mendekati akhir tahun 2020 ini perkembangan berdirinya kembali sektor destinasi traveling mulai terlihat yang menandakan adanya peningkatan antusias ke destinasi - destinasi wisata lokal atau dalam negeri.