Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tips Memilih Hotel Agar Tetap Nyaman dan Sesuai Budget

4 Tips Memilih Hotel Agar Tetap Nyaman dan Sesuai Budget

Info Travel - Pada saat liburan, hotel akan menjadi salah satu instrumen yang penting untuk menginap. Karena itu kamu harus memilih hotel yang nyaman dan tentunya masis sesuai dengan budget yang ada.

Kalau sampai salah pilih bisa bisa uang yang di anggarkan malah habis untuk biaya hotel, padahal pada perjalanan dan di tempat tujuan wisata juga butuh anggaran yang cukup banyak.

Jangan bingung ketika milih tempat untuk menginap, cobalah cara memilih hotel yang nyaman dan tetap sesuai dengan budget yang ada berikut ini.

Cara Memilih Hotel Sesuai Budget


1. Perhatikan Kelas dari Hotel

Hal pertama yang harus kamu perhatikan yaitu kelas dari hotel hotel tersebut karena mulai dari hotel bintang satu sampai bintang lima memiliki fasilitas kamar yang berbeda beda.

Kapasitas kamar yang ada pun berbeda beda, ada kamar yang hanya berkapasitas satu orang, dua orang bahkan sampai enam orang dan juga ada fasilitas ekstra bed.

Sebagai contoh saja misalnya kamu pergi se keluarga atau dengan pasangan maka hotel dengan kamar berukuran 18 meter persegi serta kasur ukuran 160x200cm akan relatif sesuai dengan budget yang ada dan bisa disebut dengan hotel budget.

Berbeda lagi jika kamu pergi beramai ramai 5-7 orang mungkin, maka pilihlah hotel dengan kamar yang lebih besar serta ukuran kasur berkisar antara 200x200cm serta ada fasilitas extra bed.

Dengan adanya fasilitas extra bed maka pengeluaran akan lebih murah dari pada harus menyewa dua kamar di hotel kelas budget.

Pada umumnya hotel budget tidak punya banyak pilihan kamar, hanya untuk kapasitas kecil saja, jika ingin menginap dengan banyak orang maka kamu harus memilih hotel dengan kelas yang lebih tinggi agar dapat menyewa 1 kamar saja.

2. Cari Hotel yang Sesuai Kebutuhan

Berikutnya kamu juga bisa memilih hotel dengan melihat referensi yang sesuai kebutuhan, misalnya kamu akan menginap sebentar dan hanya ingin memperbanyak jalan jalan maka pilihlah hotel dengan tarif yang murah saja.

Tapi misalnya kamu pergi ramai ramai dan ingin lebih banyak menghabiskan waktu bersama lebih baik pilihlah hotel yang lebih mahal sedikit tapi mendapat fasilitas kamar yang lebih bagus, tentu extra bed menjadi salah satu rekomendasi soal memilih kamar yang ada.

Sebisa mungkin carilah kamar yang sesuai dengan kebutuhan menginap kamu, terlebih lagi cari tau dulu fasilitas yang diberikan. Satu kamar dengan extra bed akan lebih baik daripada harus menyewa 2 kamar dengan budget 2 kali lipat.

Jangan paksakan memesan kamar yang kecil untuk banyak orang dengan alasan menghemat biaya tapi membuat repot ketika ingin istirahat, kalau menginap untuk 2 orang saja sih tidak masalah tapi kalau sudah lebih dari 5 orang pilihlah kamar yang besar dengan twin bed serta bisa memesan extrabed.

3. Cari Hotel di Zona Aman

Jangan langsung tertarik dengan harga murah ketika ingin memilih hotel, pastikan terlebih dahulu hotel tersebut berada di area yang aman entah itu untuk faktor sosial ataupun dimasa pandemi seperti sekarang.

Sekarang ini konsep hotel sudah memiliki banyak variasi dan inovasi bahkan ada konsep hotel yang memberlakukan sharing room atau berbagi kamar dengan tamu lain sehingga harga kamarnya bisa sangat amat murah daripada untuk satu kamar biasa.

Memang akan menghemat biaya ketika liburan, tapi dimasa pandemi sekarang lebih baik hindari konsep konsep tersebut untuk keamanan pribadi dan kesehatan.

Pilihlah hotel yang berada di zona hijau serta bukan share room agar kita bisa menjaga adanya kontak jarak dekat dengan orang lain, selain itu ketika menginap dihotel jangan melupakan juga tentang faktor kenyamanannya.

Pasalnya konsep sharing room itu cukup harus dikhawatirkan karena kita berbagai dengan orang lain dimana kita tidak mengenal jauh keseharian orang tersebut, jadi jika ingin menginap dengan aman dan nyaman lebih baik cari hotel dengan kamar tunggal.

4. Perhatikan Ulasan dari Aplikasi atau Sumber Relevan

Paling penting ketika kamu ingin memilih hotel untuk menginap adalah melihat ulasan dan testimoni orang orang yang pernah singgah di hotel tersebut.

Kamu bisa mencari ulasan ulasan ini pada aplikasi atau situs yang relevan seperti situs situs yang membahas hotel.

Untuk cari amannya, pilihlah hotel dengan rekomendasi baik diatas 70% atau misalnya kalau ada rating 1 -5 maka pilihlah hotel termurah dengan rating minimal di angka3 keatas.

Poin yang harus kamu cari adalah berapa range harga per kamarnya, apa saja fasilitas kamar yang didapat dan bagaimana protokol kesehatan yang diterapkan oleh pihak pengelola hotel.

Itulah 4 Tips Memilih Hotel Agar Tetap Nyaman dan Sesuai Budget ketika akan traveling di masa transisi seperti sekarang, jangan hanya melirik harga murah tetapi perhatikan juga faktor keamanan dan kenyamanannya agar petualangan kamu tetap seru dan asik.