Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Destinasi Wisata Ujung Kulon Sudah Dibuka Kembali

Destinasi Wisata Ujung Kulon Sudah Dibuka Kembali

Info Traveling - Destinasi wisata Taman Nasional Ujung Kulon ( TNUK ) kembali dibuka untuk wisatawan bertepatan pada Hari Konservasi Alam Nasional pada tanggal 10 Agustus.

Selain sudah dibuka para wisatawan juga diperbolehkan untuk berkunjung ke taman nasional Ujung Kulon dengan syarat mematuhi protokol kesehatan.

Dikutip dari Detik.com proses Pembukaan Taman Nasional Ujung Kulon sudah berdasarkan SK Dierjan KSDAE Nomor SK.164/KSDAE/PJLHK/KSA.3/8/2020 berkaitan tentang reaktivasi Taman Nasional, Taman WIsata Alam, dan Suaka Margasatwa untuk kunjungan wisata alam dalam kondisi transisi COVID-19.

Selain itu Balai TNUK juga sudah membuat surat edaran pada Nomor SE.16/T.12/TU/P3/08/2020 yang sudah ditandatangani juga oleh kepala balai TNUK.

Baca juga : Wisata Wakatobi Menjadi Nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2020

Pada surat edaran tersebut juga disebutkan bahwa kegiatan pembukaan tujuan wisata ke destinasi Ujung Kulon sudah berlaku mulai tanggal 10 Agustus 2020 serta para wisatawan yang berkunjung diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehaan di taman nasional selama pandemi.

Pihak Pengelola Wisata Taman Nasional Ujung Kulon nantinya akan menjalankan evaluasi setiap minggu mulai dari awal pembukaan sebagai variable pendukung keputusan apakah akan melanjutkan membuka kunjungan atau mungkin menutup kembali Ujung Kulon.

Keputusan tentang tetap melanjutkan dibukan atau akan ditutup kembali tergantung ada atau tidaknya kasus penularan COVID-19 pada lokasi Taman Nasional Ujung Kulon.

Dudi Mulyadi sebagai Kepala Sub Bagian Tata Usaha TNUK juga memberikan keterangan bahw pengunjung akan dibatasi kapasitasnya 50 persen dari jumlah biasa atau hanya setengahnya saja serta akan berusaha agar wisatawan yang datang tida terlalu banyak serta tidak melakukan kunjungan secara massal.

Maka nantinya ketika wisatawan mengunjungi situs Taman Nasional Ujung Kulon tentunya aktivitas alam akan dibatasi dan tidak ada skala massal atau berkumpul dalam jumlah besar.

Jika wisatawang ingin mengunjungi Pulau Peucang, Cidaun, Cigenter atau ke area wilayah semenanjung di Legon Pakis akan dilakukan pemeriksaan kesehatan seperti cek suhu badan.

Fasilitas sarana yang ada di Taman Nasional Ujung Kulon dipastikan juga akan menerapkan peralatan sesuai dengan standar protokol kesehatan seperti disediakan wastafel, juga ada hand sanitiser serta juga akan disediakan masker.