Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Gunung Wisata di Bali yang Cocok Untuk Pendaki Pemula

5 Gunung Wisata di Bali yang Cocok Untuk Pendaki Pemula

Info Traveling - Tentunya kamu tau kalau bali identik dengan wisata pantainya, tapi kali ini InfoTraveling ingin menshare sisi perjalanan lain yaitu 5 Gunung Wisata di Bali yang Cocok Untuk Pendaki Pemula.

Mungkin Pulau dewata atau pulau Bali dikenal wisatawan karena keindahan alam pantainya alasan yang sering kita dengar yaitu banyak pantai di Bali menawarkan pengalaman bagi wisatawan mulai dari melihat matahari terbenam sampai beragam olahraga air yang bisa dilakukan seperti diving, snorkeling, dan lainnya.

Jelas tujuann traveling ke Bali tidak hanya ke pantai saja tetapi kamu juga bisa melakukan aktivitas pendakian gunung. Khusus gunung yang bisa didaki oleh para wisatawan harus memiliki spot bagus dan track nya yang sedang sedang saja.

Kali ini infotraveling akan membagikan 5 Gunung Wisata di Bali yang Cocok Untuk Pendaki Pemula yang memiliki pesona pemandangan dipuncak gunung serta bisa melihat indahnya sunrise atau matahari terbit.

Gunung Wisata di Bali yang Cocok Untuk Pendaki Pemula


1. Gunung Batur

1. Gunung Batur

Gunung Batur adalah rekomendasi gunung wisata dibali pertama yang infotravel sarankan dan lokasi gunung ini berada di Kintamani. Gunung Batur terkenal dengan sebuah gunung yang istimewa selain dari gunung agung serta penduduk sekitar menyebut gunung ini sebagai wujud ibu dari gunung Agung.

Gunung Batur termasuk salah satu obyek wisata Bali yang menjadi pilihan untuk traveling, keunikan dan keindahan gunung ini karena memiliki Danau Batur di ketinggian 1.050 mpdl yang luasnya 16 kilometer persegi.

Gunung Batur di Bali telah mendapat predikat UNESCO sebagai geopark gunung pertama yang ada di Indonesia maka dari itu jika kamu berhasil mendaki gunung Batur berarti kamu sudah mendatangi salah satu tempat yang diakui UNESCO.

Gunung Batur memiliki ketinggian 1.717 mdpl dan termasuk gunung yang aman untuk didaki oleh pendaki pemula, jarak tempuhnya hanya membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam untuk sampai puncaknya.

2. Gunung Catur

2. Gunung Catur

Rekomendasi yang kedua ada Gunung Catur yang juga memiliki nama lain Puncak Mangu seperti yang biasa diucapkan oleh masyarakat Bali. Gunung Catur berlokasi di kawasan Bedugul dengan ketinggian 2.095 mdpl.

Kamu bisa mendaki gunung Catur dengan waktu sekitar 2,5 jam sampai ke puncak. Pada puncak gunung catur kamu bisa menikmati pemandangan Danau Beratan dan Danau Buyan yang sangat indah dan mempesona.

Perlu kamu tau gunung Catur ini berada di tengah-tengah gugusan pegunungan Bali sehingga akan memiliki latar semua gunung. Jadi saat sampai di puncak kamu bisa menikmati pesona gunung- gunung di Bali itu dan di puncak terdapat Pura Puncak Mangu yang biasa dijadikan tempat ibadah umat Hindu.

3. Gunung Lesung

Gunung Lesung merupakan salah satu gunung dengan jalur pendakian gunung yang terbilang mudah bagi pemula. Ketinggian gunung Lesung sekitar 1.865 mdpl dan tentu saja dengan ketinggian tersebut gunung ini tak terlalu tinggi bagi pemula.

Gunung Lesung memiliki daya tarik pada Danau Tamblingan nya yang bisa dilihan dari sekeliling gunung serta gunung Lesung juga menyimpan cerita legenda di tengah masyarakat Bali.

Cerita yang ada jika misalnya kamu melihat kawah yang ada di gunung Lesung maka konon katanya kawah tersebut bukan kawah biasa, kawah tersebut biasa menjadi tempat tinggal kawanan rusa dan kawah ini juga terkadang mengeluarkan uap panas.

Selama mendaki ke Gunung Lesung ini kamu akan melewati area Desa Tamblingan kemudian sungai Mue dan akan menikmati suasana pepohonan hijau hingga sampai puncak.

4. Gunung Abang

Kemudian ada juga Gunung Abang yang sangat cocok untuk dikunjungi yang jalur pendakian nya bernama Jalur Songan. Jalur pendakian Songan merupakan jalur pendakian gunung paling panjang di Bali karena memiliki jalur horizontal selain itu kamu masih bisa menanjak lewat Jalur Desa Suter.

Gunung Abang memiliki ketinggian 2.151 mdpl dimana bagian bawah gunung terdapat Danau Batur yang berdasarkan cerita adalah umber air untuk masyarakat suku Bali Aga. Pada gunung Abang ini kamu bisa melihat dan menikmati pepohonan hijau yang merata dan menyelimuti gundukan pasir.

5. Gunung Batukaru

5. Gunung Batukaru

Gunung Batukaru secara ketinggian lebih tinggi dari gunung Abang dan menjadi salah satu destinasi favorit wisata gunung di Bali. Gunung Batukaru memiliki ketinggian 2.276 mdpl serta berfungsi sebagai sumber kehidupan masyarakat yang tinggal di Bali Tengah.

Hulu sungai Gunung Batukaru tidak pernah surut dan air jernih yang sudah dari dulu menghidupi masyarakat Bali Tengah. Ketika kamu mendaki gunung Batukaru akan terlihat pura yang masih aktif sebagai tempat ibadah umat Hindu.

Penutup 5 Gunung Wisata di Bali yang Cocok Untuk Pendaki Pemula


Itulah Rekomendasi 5 Gunung Wisata di Bali yang Cocok Untuk Pendaki Pemula dan tentunya bisa kamu coba jika ingin mencoba merasakan sensasi wisata yang berbeda di Bali, biasanya mungkin pantai dan air sekarang berupa ketinggian dan landscape.