Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Goa di Semarang

Wisata Gua ( Goa ) di Semarang

Wisata Goa di Semarang

Goa atau kata lain dari Gua dalam bahasa lokal ( Pulau Jawa ) mampu menjadi daya tarik wisatawan karena mempunyai sisi unik dan mistis. Daftar Lokasi Tempat Wisata Gua di Semarang memang tidak seperti gua yang dalam dan megah, tetapi pemandangan alam yang ditawarkan akan membuat anda ketagihan berlama-lama untuk bersantai dan menghabiskan waktu.

Di Semarang terdapat dua Lokasi Wisata Gua yaitu Goa Kreo Semarang dan Goa Rong View yang dapat dikunjungi jika anda adalah seorang yang senang menikmati pemandangan alam.

Wisata Goa Kreo Semarang

Wisata Goa Kreo Semarang
Goa Kreo by  Flicker

Goa Kreo Semarang berlokasi di Jalan Raya Goa Kreo, Kecamatan GunungPati, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Harga tiket masuk Wisata Goa Kreo Semarang adalah Rp. 4000 setiap orang dan belum dengan tiket parkir. Wisata Goa Kreo Semarang buka mulai pukul 05.00 dan tutup pada pukul 18.00. Anda dapat menghubungi nomor telepon pengelola 085-291-794-931 jika ingin mengadakan acara tertentu di sekitar lokasi wisata.

Lokasi Wisata Goa Kreo Semarang tidak sama dengan wisata gua seperti umumnya, jika gua biasanya berada dibawah kaki gunung, Goa Kreo berada di tengah-tengah sebuah danau yang bernama danau Jatibarang. Di sini anda dapat menikmati pemandangan danau Jatibarang yang mengelilingi gua dan pepohonan hijau yang mengelilingi danau. Ketika anda berada di Lokasi Wisata Goa Kreo Semarang, anda akan merasa berada di sisi lain dari dunia luar.

Salah satu ke unikan dari Goa Kreo Semarang adalah banyaknya kera yang menghuni lokasi gua dan bukit diatasnya. Kera-kera disini sudah tidak takut dengan kehadiran manusia, bahkan mereka sering mendekati manusia yang datang untuk meminta makanan.

Berdasarkan sejarah dan kisah rakyat yang ada, kelompok kera yang menghuni lokasi Wisata Goa Kreo memang sudah ada dari pertama kali Lokasi gua ditemukan. Ada mitos yang mengatakan bahwa tidak pernah ditemukan bangkai kera yang mati di lokasi tersebut. Jumlah kera yang ada pun tidak pernah berubah, sekitar 500 sampai 600 ekor setiap tahun.

Anda tidak perlu khawatir jika mengunjungi lokasi wisata Goa Kreo Semarang karena semua fasilitas sudah tersedia seperti tempat makan, toilet, kamar mandi sampai jasa foto yang dapat dicetak langsung ditempat. Jika anda ingin mengelilingi danau atau waduk, anda dapat menyewa speedboat beserta pengemudinya.

Wisata Goa Rong View dan Tlogo Resort Tuntang Salatiga Semarang

Wisata Goa Rong View dan Tlogo Resort Tuntang Salatiga Semarang
goa rong view by bakpiamutiarajogja.com

Lokasi Wisata Goa Rong View berada di atas bukit desa Lopait Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Harga Tiket Masuk Wisata Goa Rong View dan Tlogo Resort Tuntang Salatiga Semarang adalah sekitar Rp. 5000 setiap orang. Wisata Goa Rong Semarang buka mulai pukul 07.00 dan tutup pada pukul 18.00.

Di Lokasi Wisata Goa Rong Semarang, anda dapat melihat landscape pemandangan alam yang hijau membentang dengan gugusan gunung sebagai batasnya. Rute menuju Lokasi Wisata Goa Rong akan sedikit membingungkan, jadi lebih baik anda menggunakan petunjuk arah dari Google Maps untuk menuju ke lokasi wisata.

Fasilitas di Lokasi Wisata Goa Rong Semarang sudah tersedia lengkap, mulai dari cafe, resort, penginapan, tempat makan, area wisata anak dan keluarga sampai tempat beribadah. Untuk menuju lokasi gua, anda dapat melewati tangga yang berada di belakang cafe. Walaupun bernama Goa Rong, daya tarik utama dari lokasi wisata ini adalah spot pemandangan diatas bukit yang memang sangat indah.