Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Pantai di Kota Semarang

Wisata Pantai di Kota Semarang

Wisata Pantai di Kota Semarang

Wisata pantai yang menarik untuk dikunjungi sebenarnya ada 4 destinasi, tapi karena ada penggunaan lahan oleh pabrik maka hanya ada 1 destinasi pantai yang bisa digunakan untuk wisata yaitu dipantai marina semarang.

Lokasi Kota Semarang yang berada di ujung utara Pulau Jawa tentu saja membuat Semarang memiliki beberapa spot wisata pantai yang menarik untuk dikunjungi. Wisata pantai di Semarang memang terbilang bagus dan instagrammable.

Selain pemandangannya yang indah, wisata pantai di Semarang juga memiliki karakteristik berpasir yang bersih dan aman untuk bermain. Jika anda bukan penikmat pemandangan pantai, tenang saja, wisata pantai di Semarang memiliki spot memancing dan spot foto yang keren serta nyaman untuk menghabiskan waktu liburan anda.

Ada beberapa lokasi Wisata Pantai di Semarang yang bisa anda kunjungi seperti pantai Marina, pantai Cipta, pantai Baruna dan pantai Tirang.

Pantai Marina Semarang


Pantai Marina Semarang
pantai marina semarang by instagram @froezy9

Pantai Marina Semarang adalah obyek wisata pantai di Semarang yang paling cocok untuk tempat liburan bersama keluarga. Dengan fasilitas yang sudah lengkap termasuk banyaknya pedagang makanan, anda tidak perlu khawatir jika merasa lapar ketika bersantai di area wisata Pantai Marina Semarang

Sejarah Pantai Marina Semarang mengisahkan bahwa dulu lokasi ini adalah hutan bakau yang membentang di sebelah utara Kota Semarang. Karena Semarang adalah ibukota dari Provinsi Jawa Tengah dan semakin banyak pendatang termasuk turis mancanegara, maka Pihak Pemerintah Kota Semarang mengubah hutan bakau tersebut menjadi sektor wisata pantai untuk menarik lebih banyak turis untuk datang.

Fasilitas Pantai Marina Semarang sudah terbilang lengkap seperti jalan setapak yang sudah rapi dan kokoh, tempat bersantai keluarga, toilet, kamar mandi, pedagang makanan dengan menu yang lengkap seperti soto, bakso, nasi goreng, sampai es kelapa muda. Wisata di Pantai Marina Semarang bukan hanya menikmati keindahan pantainya, tapi anda juga dapat menyewa kapal atau boat untuk berkeliling sekitar pantai.

Tiket masuk ke Pantai Marina Semarang sangat murah, hanya dengan Rp 3000 per orang anda sudah dapat menikmati keindahan pemandangan pantai yang eksotis. Pantai Marina Semarang buka 24 jam, jadi anda tidak perlu khawatir jika ingin ke pantai pada malam hari. Pantai Marina Semarang pada malam hari juga banyak dikunjungi para pemancing-pemancing malam. Jika anda memiliki hobi memancing, cobalah datang ke Pantai Marina Semarang pada malam hari karena banyak sekali spot memancing yang menghasilkan banyak tangkapan ikan, jangan khawatir, anda akan bertemu banyak teman yang sehobi memancing disini.

Akses menuju Pantai Marina Semarang juga sangat mudah, anda hanya perlu menuju ke Kompleks PRPP Semarang kemudian tinggal mengikuti petunjuk jalan yang sudah tersedia. Lokasi wisata Pantai Marina Semarang tepatnya berada pada Jalan Yos Sudarso, Tawang Sari Semarang Barat.

Jika anda adalah turis dari luar kota atau mancanegara, anda dapat mencari Hotel dekat Pantai Marina Semarang untuk menginap sebelum melanjutkan mengeksplorasi lokasi tempat wisata lainnya di Semarang.

Berikut adalah saran hotel terdekat dari Lokasi Wisata Pantai Marina Semarang :

-Hotel New Puri Garden
-Sunshine Hostel
-DS RĂ©sidences Marina
-Hotel Citradream Semarang
-Hotel Dafam Semarang
-Hotel Pelangi Indah
-Hotel Horison Semarang

Jika anda masih bingung untuk rute menuju Lokasi Pantai, anda dapat mengikuti petunjuk arah ke Lokasi Koordinat Google Map pantai marina semarang.

Pantai Cipta Semarang 

Pantai Cipta Semarang
Pantai Cipta Semarang Instagram by @dian_prmna

Lokasi pantai Cipta Semarang bersebelahan dengan Pantai Baruna, tepatnya berada di Kawasan Cipta, Bandarharjo, Semarang Utara, Kota Semarang. Anda dapat mengambil akses jalan melalui area terminal peti kemas di Tanjung Mas Semarang.

Pantai Cipta Semarang berlokasi tepat berada dibelakang terminal peti Kemas, jadi untuk saat ini akses utama untuk menuju ke pantai hanya dapat melalui jalur Terminal tersebut. Petunjuk arah ke pantai Cipta Semarang memang tidak sejelas pantai Marina, jadi anda dapat bertanya ke penduduk sekitar jika bingung kemana arah menuju pantai.

Kondisi lokasi Pantai Cipta Semarang hampir semuanya berupa pantai berbatu dan hanya sedikit bagian pantai yang berpasir. Pantai Cipta Semarang lebih cocok dikunjungi jika anda hanya ingin bersantai menikmati suasana pantai atau memancing.

Pantai dengan banyak bebatuan seperti Pantai Cipta Semarang memang dapat menjadi spot mancing yang bagus. Anda akan melihat banyak penduduk yang sedang memancing hampir di semua sudut pantai jika berkunjung ke sini pada sore hari.

Spot Mancing Pantai Cipta Semarang yang bagus berada agak menjorok ke tengah laut di sekitar susunan batuan terakhir. Jangan lupa gunakan peralatan keamanan seperti jaket pelampung demi keselamatan anda, atau anda dapat menggunakan perahu untuk mecapai lokasi tersebut.

Pantai Tirang Semarang

Pantai Tirang Semarang
Pantai Tirang Semarang by JejakPiknik.com

Lokasi Wisata Pantai Tirang Semarang berada di kawasan Tugurejo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang. Anda tidak perlu takut tersesat karena petunjuk arah menuju Pantai Tirang mudah untuk dilihat. Jika anda ingin menikmati pantai berpasir yang tidak ramai orang, Pantai Tirang Semarang adalah tempat yang paling cocok.

Akses ke Pantai Tirang Semarang sudah sangat mudah, anda dapat menggunakan motor dan langsung menuju area parkir pantai atau jika anda berada di terminal Tugu, anda dapat menggunakan jasa ojek untuk mengantar sampai ke lokasi pantai.

Harga tiket masuk Pantai Tirang Semarang sangat terjangkau hanya Rp 5000 per orang. Fasilitas yang disediakan oleh pengelola juga terbilang cukup lengkap, sudah tersedia toilet atau kamar mandi, mushola, warung makan dan jarak dengan lokasi penginapan yang cukup dekat.

Jika anda memilliki hobi memancing, anda harus coba mancing di Pantai Tirang Semarang. Banyak sekali jenis ikan yang dapat di tangkap seperti kakap putih dan baramudi. Spot mancing terbaik Pantai Tirang Semarang ada di sekitar area tanaman bakau dan bekas labuhan kapal yang menjorok ke tengah laut.

Pantai Baruna Semarang

Pantai Baruna Semarang
Pantai Baruna Semarang by instagram @photo_ngawur

Lokasi Pantai Baruna Semarang berada di area Pelabuhan Tanjung Mas dan sangat mudah untuk di akses, anda dapat menggunakan motor atau sepeda untuk sampai ke lokasi pantai. Rute ke Pantai Baruna Semarang dapat anda tempuh dari mana saja, anda dapat mengambil rute melalui Jalan raya Pantura kemudian menuju ke Panggung Lor, setelah itu anda hanya perlu mengikuti petunjuk jalan yang ada dan sampailah ke lokasi pantai.

Harga Tiket masuk Pantai Baruna Semarang masih sangat murah hanya Rp 3000 untuk setiap orang. Fasilitas yang tersedia juga lumayan lengkap seperti warung makan dan toilet umum. Pantai baruna memiliki beberapa spot foto yang keren untuk anda para pecinta fotografi seperti padang ilalang yang cocok untuk foto prewedding dan tumpukan beton penghalang ombak yang sangat eksotis pada pagi dan sore hari.

Bagi anda para penanti tarikan ikan, Anda harus coba mancing di Pantai Baruna Semarang. Banyaknya spot mancing yang bagus di Pantai Baruna Semarang berupa bebatuan besar yang menjorok ke tengah laut akan membuat anda ketagihan ketika mendapatkan sambaran dari ikan besar.

Itulah beberapa ulasan dari daftar Lokasi Wisata Pantai di Semarang yang bagus dan menarik sekaligus wajib untuk kamu datangi. Kamu dapat memilih lokasi pantai yang berpasir bersih, pantai dengan spot mancing yang banyak ikan atau pantai dengan spot foto yang keren.