Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Museum di Semarang

Wisata Museum di Semarang

Wisata Museum di Semarang

Museum adalah nama dari suatu tempat yang menyimpan kumpulan benda atau cerita dari waktu yang telah lalu. Wisata Museum di Semarang bukan hanya tempat dengan label " Museum " saja, tapi jika tempat tersebut memiliki kisah sejarah atau menjadi salah satu identitas dari Kota Semarang, anda juga dapat menikmatinya sebagai museum.

Ada banyak sekali lokasi Wisata Museum di Semarang, Seperti Lawang Sewu yang menyimpan banyak sekali cerita dimana Kota Semarang tumbuh menjadi seperti sekarang, atau Museum Old City 3D yang memadukan lokasi bersejarah dengan kreasi unik dan keren.

Berikut adalah daftar Wisata Museum di Semarang yang dapat anda kunjungi bersama keluarga tercinta.

Lawang Sewu Semarang

Lawang Sewu Semarang

Lawang Sewu Semarang berlokasi di Jalan Pemuda, Sekayu, Semarang Tengah, Sekayu, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Lawang Sewu Semarang adalah bangunan dari peninggalan ketika jaman belanda dan dibangun pada tahun 1904. Memiliki nama " Lawang Sewu " yang berarti Seribu Pintu karena pintu pada bangunan ini berjumlah sangat banyak.

Lawang Sewu Semarang sudah mengalami pemugaran pada tahun 2011 dan sekarang sudah menjadi lokasi bersejarah dengan wajah yang bersih, indah dan megah. Selain sebagai tempat wisata bersejarah, di lokasi Lawang Sewu Semarang sering menjadi tempat diselenggarakan berbagai acara dari berbagai komunitas. Jika anda ingin bertanya lebih detail kepada pengelola, anda dapat menghubungi nomor telepn (024) 3542015.

Semua Fasilitas pada Lokasi Wisata Lawang Sewu Semarang sudah lengkap tersedia, anda tidak perlu khawatir jika membutuhkan sesuatu karena Lawang Sewu berada tepat di tengah kota Semarang. Anda dapat mengabadikan momen bersama keluarga di manapun karena semua titik dari Lokasi Lawang Sewu dapat menjadi spot foto yang bagus.

Old City 3D Trick Art Museum Semarang
Old City 3D Trick Art Museum Semarang
Old city 3D art by instagram @oldcity3d

Old City 3D Trick Art Museum Semarang berlokasi di Jalan. Letjen Suprapto No.26, Tj. Mas, Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah. Disini anda dapat berfoto ria dengan background gambar 3 Dimensi dimana foto anda akan terlihat seolah-olah nyata bersatu dengan background fotonya.

Old City 3D Trick Art Museum Semarang buka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 21.00. jika anda ingin bertanya tentang informasi lain yang lebih lengkap, anda dapat menghubungi nomor telepon pengelola Old City 3D Trick Art Museum Semarang di (024) 86570776.

Museum Ronggowarsito

Museum Ronggowarsito berlokasi di jalan. Abdul Rahman Saleh No.1, Kalibanteng Kidul, Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah. Museum Ronggowarsito adalah museum terlengkap yang memiliki hampir semua koleksi tentang sejarah, kebudayaan sampai arkeologi di Kota Semarang.

Museum Ronggowarsito buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 16.00. Harga tiket untuk masuk ke dalam museum sangat murah hanya sebesar Rp 4000 untuk dewasa dan Rp 2000 untuk anak-anak. Anda dapat menghubungi kontak pengelola jika ingin bertanya tentang informasi yang lebih lengkap pada nomor telepon (024) 7602389.

Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang berada di Kelurahan Bandarharjo, Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah. Kota Lama Semarang memang tidak berlabel " Museum ", tapi tempat ini menjadi saksi dimana cikal bakal Semarang seperti yang sekarang ini.

Anda dapat berjalan-jalan menikmati suasana kota dengan bangunan jaman dahulu. Lokasinya tidak jauh dari Lawang Sewu Semarang. Pastikan anda juga mengunjungi tempat ini ketika traveling ke Kota Semarang.

Dream Museum Zone

Dream Museum Zone berlokasi di Jalan Branjangan No. 3-9, Tanjung Mas, Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah. Di museum ini terdapat lebih dari seratus gambar seni 3 Dimensi yang akan memperindah galeri foto liburan anda. Dream Museum Zone Semarang sudah dibuka untuk umum dan buka mulai pukul 09.00 sampai 21.00.

Harga Tiket Masuk Dream Zone Museum sebesar Rp 100.000 untuk setiap orang dan gratis untuk anak kurang dari 3 tahun. Anda dapat menghubungi nomor telepon pengelola jika ingin bertanya tentang informasi yang lain pada (024) 86042889.

Museum Rekor Dunia-Indonesia dan Museum Jamu Jago

Museum Rekor Dunia-Indonesia Semarang berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan No.275, Srondol Kulon, Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah. MURI Semarang menyimpan koleksi dan data prestasi pemecahan rekor di Indonesia. Anda dapat melihat koleksi barang atau foto dari berbagai jenis pemecahan rekor dan koleksi barang-barang unik tempo dulu dari industri jamu.

Kawasan MURI Semarang menjadi satu dengan kawasan Museum Jamu jago tepat berada di jalur Semarang-Ungaran. Jika anda sedang berkunjung ke Semarang,sempatkanlah berkunjung ke Museum Jamu Jago dan Museum Rekor Indonesia di Semarang. Jika anda ingin melakukan acara kunjungan bersama, anda dapat menghubungi nomor telepon pengelola di (024) 7475172.

Museum Mandala Bakti

Museum Mandala Bakti Semarang berlokasi di Jalan. Mgr Sugiyopranoto, Barusari, Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah tepat berada di lingkar Tugu Muda Semarang.

Museum Mandala Bakti Semarang dahulunya merupakan gedung pengadilan rakyat eropa di Semarang kemudian menjadi markas polisi militer Jepang, setelah Indonesia merdeka bangunan ini dijadikan Markas Besar Komando Wilayah Pertahanan II dan Sekarang menjadi Sebuah Museum Pejuang bernama Museum Mandala Bakti. Di lokasi museum anda dapat menikmati bukti sejarah perjuangan Indonesia melawan penjajah untuk mendapatkan Kemerdekaan.

Taman Srigunting Kota Lama

Lokasi Taman Srigunting Kota Lama berada di Jalan Letjen Suprapto No.22, Tj. Mas, Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah. Apa hubungannya taman dan museum ? Taman Srigunting Kota Lama pada jaman penjajahan belanda menjadi alun-alun pusat kota lama yang digunakan untuk area parade.

Taman Srigunting Kota Lama saat ini sudah mengalami banyak sekali pemugaran, tapi tenang saja, nuansa kota tua jaman dahulu masih sangat terasa. Anda dapat menikmati sisi lain kota lama dengan spot foto kekinian di Taman Srigunting, jangan salah, Taman ini sering sekali digunakan sebagai spot foto preweeding juga lho.

Kota Tua Semarang

Kota Tua Semarang dapat dikatakan sebagai sebuah area museum yang luas dengan koleksinya berupa gedung-gedung tua dari jaman penjajahan. Anda dapat menyusuri setiap sudut dari lokasi kota tua Semarang untuk melihat bukti sejarah yang masih berdiri kokoh sampai saat ini. Di area kota Tua Semarang terdapat bangunan berupa Gereja Blenduk, Stasiun Tawang, Gedung Marba, Gedung Marabunta dengan cerita mistisnya, dan Gedung Jiwasraya.