Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Alam di Semarang dan Sekitarnya

Wisata Alam di Semarang dan Sekitarnya

Dengan kondisi geografis yang berbukit dan berlembah, terdapat banyak sekali Lokasi Wisata Alam Semarang yang dapat menjadi pilihan ketika kamu pengen liburan.

Wisata Alam Semarang hampir sebagian besar didominasi oleh spot bukit hijau yang membentang, ada juga bekas bukit yang disulap menjadi obyek wisata berkesan dan bernuansa luar negri.

Tenang saja, di Lokasi Wisata Alam Semarang, anda tidak akan mengeluarkan banyak biaya karena harga tiket, parkir dan sebagainya masih murah, kalau untuk makanan silahkan nikmati sepuasnya.

Berikut adalah Daftar Lokasi Wisata Alam di Semarang dan Sekitarnya yang dapat menjadi pilihan anda ketika berada di Semarang dan ingin liburan menjauhi suasana hiru pikuk perkotaan.

1. Brown Canyon Semarang

Brown Canyon Semarang
brown canyon by instagram @sigit_one

Brown Canyon Semarang berlokasi di Rowosari kecamatan Tembalang Kota Semarang. Brown Canyon Semarang dahulunya merupakan bukit biasa yang kemudian adanya penggalian tanah untuk penambangan batu, pasir dan barang bangunan lainnya. Jadi Spot wisata ini memang bukan di niatkan untuk membangun sebuah lokasi wisata.

Penambangan di Brown Canyon Semarang yang terus menerus seiring berjalannya waktu membuat lokasi ini menjadi seperti Grand Canyon di Amerika. Harga Tiket Masuk Brown Canyon Semarang saat ini masih belum pasti, kalau tidak ada penjaganya ya gratis, kalau ada ya beri saja 2000 atau 3000 rupiah untuk tanda permisi lewat karena yang jaga di situ biasanya memang warga lokal.

Rute dan Arah Ke Brown Canyon Semarang dapat ditempuh melalui jalur utama Tembalang atatu jalur KedungMundu. Kemudian cari arah ke Perum Klipang, jika sudah ketemu lokasi Perum klipang, artinya rute anda sudah benar, tingga bertanya ke penduduk sekitar saja atau anda dapat mengikuti arah dari aplikasi Google Maps.

2. Bantir Hills Sumowono 


Bantir Hills Sumowono
bantir hills sumowono by instagram vikri_renita_wiraya

Bantir Hills Sumowono berlokasi di Desa Losari Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang. Rute utama menuju Lokasi Wisata Bantir Hills Sumowono cukum mudah, anda tinggal mencari arah ke Kecamatan Sumowono, setelah itu cari rute menuju Curug 7 Bidadari. Jika sudah bertemu Plang Besar Curug 7 Bidadari , tengoklah ke kanan atas, nah itu lah Lokasi Wisata Bantir Hills Sumowono.

Harga Tiket Masuk Bantir Hills Sumowono sebesar 10.000 per orang dan Harga Tiket Parkirnya Sebesar 2000 rupiah untuk motor , 5000 rupiah untuk Mobil. Siapkan kaki anda untuk mendaki sampai ke puncak bukit karena pasti akan membutuhkan tenaga yang ekstra. Lapar ? Tenang saja, di bawah bukit dekat Barak TNI AD sudah banyak pedagang makanan yang berjejer untuk memuaskan perut anda.

3. Mangrove Edu Park Semarang

Mangrove Edu Park Semarang
mangrove edu park by instagram @dhaniargiovani

Mangrove Edu Park Semarang berlokasi di Tugurejo Kecamatan Tugu Kota Semarang. Mangrove Edu Park Semarang merupakan lokasi wisata hutan magrove yang paling menarik di Kota Semarang. Anda bisa berfoto dengan spot hutan magrove yang berjajar rapi serta menghijau.

Rute menuju Lokasi Wisata Mangrove Edu Park Semarang sangat mudah, anda tinggal menuju ke arah Bandara Ahmad Yani, Setelah sampai di jalan utama menuju ke bandara, anda tinggal bertanya kepada orang-orang yang berjualan atau berjaga di sekitar lokasi tersebut.

Harga Tiket Masuk Mangrove Edu Park Semarang hanya sebesar Rp5000 untuk setiap orang dan Harga Tiket Parkir sebesar 2000 untuk motor ataupun mobil. Setelah dari lokasi Mangrove, anda dapat menuju ke pantai Maron karena Lokasinya yang berdekatan.

4. Embung Sebligo Lerep

Embung Sebligo Lerep
embung sebligo lerep by instagram @kapankitakemanalagi

Embung Sebligo Lerep adalah waduk buatan di daerah Lerep Ungaran yang bertujuan untuk menampung air hujan dan digunakan untuk mengairi lokasi perkebunan sekitarnya. Karena tempat ini sebenarnya adalah sarana dari masyarakat, anda tetap dapat mengunjunginya tetapi mohon jaga kebersihan lokasi.

Harga Tiket Masuk ke Embung Sebligo Lerep sebenarnya gratis karena tempat tersebut memang bukan spot wisata resmi, tapi jika ada penduduk lokal yang berjaga, anda dapat memberi 2000/3000 rupiah untuk masuk ke lokasi.

Rute menuju Lokasi Embung Sebligo Lerep masih minim tanda jalan, anda hanya harus mencari rute ke Wisata Watu Gunung dan kemudian dapat bertanya pada penduduk sekitar.

5. Desa Wisata Lembah Kalipancur

Desa Wisata Lembah Kalipancur
desa wisata lembah kalipancur by instagram @indonesia_asikk

Lokasi Desa Wisata Lembah Kalipancur berada di kecamatan Gunung Pati Semarang. Pada Lokasi Desa Wisata Lembah Kalipancur anda dapat menemukan Sebuah bandan Pesawat yang dapat menjadi obyek foto menarik. Selain foto di dalam pesawat yang hanya tinggal badannya saja, di tempat ini anda dapat berwisata dengak keluarga anda, mengenalkan anak anda dengan binatang seperti kuda, rusa dan beberapa jenis unggas.

Rute menuju Lokasi Desa Wisata Lembah Kalipancur sangat mudah, anda tidak perlu repot-repot bertanya, gunakan saja aplikasi Google Maps dan anda akan tiba langsung di Lokasi. Harga Tiket Masuknya hanya berupa karcis parkir, anda dapat berkeliling di Lokasi wisata menggunakan mobil atau motor. Ketika keluar barulah anda membayar tiket karcis tadi, sangat murah, sekitar 2 jam berkeliling hanya membayar 3000 rupiah saja.

Itulah Daftar Lokasi Wisata Alam di Semarang dan Sekitarnya yang dapat menjadi referensi anda untuk memilih tempat liburan yang murah dan menyegarkan mata di Kota Semarang.